Berbatasan dengan Tiongkok, Vietnam Berhasil Tekan Corona Tanpa Kematian, Indonesia Harus Mencontoh

Berbatasan dengan Tiongkok, Vietnam Berhasil Tekan Corona Tanpa Kematian, Indonesia Harus Mencontoh
Vietnam Akhiri masa Social Distancing (Instagram @hanoicapital)
0 Komentar

JAKARTA-Berbatasan langsung dengan Tiongkok, negara Vietnam berhasil menekan virus corona hingga tidak ada kasus baru dan kematian akibat Covid-19 sepekan terakhir.

Negara komunis tersebut dikabarkan sudah mulai melonggarkan kebijakan lockdown di beberapa daerah. Pelonggaran lockdown ini mulai berlaku sejak Kamis (23/4/2020).

Kabar bahagia ini tentu menjadi sorotan dunia. Bahkan tanda pagar (tagar) Vietnam menjadi trending topic di Twitter dengan 144 ribu tautan di Indonesia, Jumat (24/4/2020).

Baca Juga:Virus Corona vs Sinar Matahari: Diteliti Amerika Serikat, Dipercaya Jokowi, Dibantah WHOKepala BKPM Buka-bukaan Perihal Mafia Alat Kesehatan di Indonesia

Salah satu akun yang berkomentar tentang situasi Vietnam adalah @chasingbleu. Dia memuji Vietnam yang mampu mengatasi pandemi dengan nol kematian dan kasus kurang dari seribu.

“Saya sangat memuji bagaimana Vietnam dapat mengatasi pandemi ini. Dengan nol kematian, kurang dari seribu kasus, dan tidak ada kasus baru selama 8 hari berturut-turut sekarang, katakanlah: SANA ALL. #ECQSeason3,” kicau @chasingbleu, Jumat (24/4).

https://twitter.com/chasingbleu/status/1253497472413913088?s=21

Sedangkan akun @NataliusPigai2 menyinggung Presiden Joko Widodo bahwa ada negara yang sukses mencegah kematian akibat Covid-19 dengan kebijakan lockdown, yakni Vietnam.

“Pak Jokowi sy mau tunjukkan negara yang Lockdown tapi sukses, ¬†tdk ada yg meninggal dunia yaitu VIETNAM, ngr dekat episentrum Convid-19. Tolong terukur agar jaga kredibilitas dan martabat sbg Kepala Negara RI. (Natalius Pigai, Aktivis Kemanusiaan). @jokowi,” kicau @NataliusPigai2.

https://twitter.com/nataliuspigai2/status/1253330676209729538?s=21

Presiden Jokowi menyebut tidak ada negara yang berhasil menerapkan lockdown dalam menangani pandemi corona. Hal itu ia sampaikan dalam Mata Najwa saat ditanya soal alasan Indonesia tak melakukan karantina wilayah.

“Bukan karena masalah bujet, kita kan juga belajar dari negara-negara lain. Apakah lockdown itu berhasil menyelesaikan masalah, kan tidak,” ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7, Rabu (22/4).

Akun @adam_lukman meminta Indonesia lebih dari Vietnam. Sebab, dia menyebut indeks pembangunan manusia dan sistem kesehatan Indonesia lebih baik dari Vietnam.

Baca Juga:Pandemi Corona, Jumlah Serangan Siber WHO MeningkatData Sebaran Covid-19, 24 April 2020

“Congratulations Vietnam! Indonesia jangan kalah! Indeks pembangunan manusia dan sistem kesehatan nasional kita jauh diatas Vietnam!,” ujar @adam_lukman.

https://twitter.com/adam_lukman/status/1253575799514390529?s=21

0 Komentar