SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Muhammad Rafli, Menantu Waketum PSSI yang Dituding Mejadi ‘Titipan’ di Timnas

Muhammad Rafli oke
Muhammad Rafli

Nama striker Arema FC Muhammad Rafli disorot usai dirinya dipanggil Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas dalam laga FIFA Matchday melawan Curcao, Sabtu (24/9/2022). Ia disebut publik sebagai pemain titipan di timnas.

Mungkin karena Muhammad Rafli adalah menantu dari Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Namun, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa pemanggilan Rafli tidak ada kaitannya dengan hubungan dengan hal itu.

Muhammad Rafli lahir di Kota Malang, Jawa Timur, pada 24 November 1998. Kariernya sebagai pemain sepak bola merupakan keinginan dari sang ayah. Ia sudah dimasukkan ke sekolah olahraga ini sejak usianya 8 tahun.

Baca JugaEdinson Cavani dari Manchester United Sekarang Resmi Milik ValenciaHasil Liga 1: Bhayangkara FC vs Persita Tangerang, Persita Menang 3-2

Ia diketahui pernah mengenyam ilmu sepak bola dengan ASIOP Apacinti pada 2006-2014. Rafli kemudian pindah ke akademi Bhayangkara, namun hanya sebentar dan pindah lagi ke ASIFA. Akademi ini milik pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

Muhammad Rafli menikahi Laras Carissa Devinta, putri Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto. Pernikahan keduanya digelar di Bali pada Jumat (21/1/2022).

Baca Juga2 Pemain Persikabo Gabung Timnas Indonesia, Djanur: Mereka LayakJadwal Liga Champions Inter Milan vs Bayern Munchen

Sejumlah tahapan latihan dan serangkaian tes dilalui, Muhammad Rafli menjadi salah satu dari 7 pemain muda yang diizinkan ikut berlatih bersama tim utama Arema FC.

Tepat di tahun 2017, dirinya dipastikan bergabung secara profesional dengan Arema FC. Pada pertandingan di Liga 1 2021/2022, menjadi momen paling cemerlang bagi Muhammad Rafli selama membela klub ini.

Pasalnya, ia berhasil mencetak 4 gol dan 2 assist dari 18 pertandingan yang sudah diikuti. Sementara itu, karier Muhammad Rafli di tim nasional diawali dengan debut bersama Timnas Indonesia U-19 pada September 2016 lalu. Tepatnya saat melawan Thailand.

Baca JugaHasil Liga 1: PSM Bantai Persib 5-1Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday: Shin Tae-yong Masih Buta Kekuatan Lawan

Ia kemudian debut di Timnas U-23 pada Juni 2019 yang saat itu juga melawan Thailand. Rafli menjadi bagian Timnas Indonesia U-23 yang memperoleh medali perak di ajang SEA Games 2019.

Selanjutnya, Muhammad Rafli memulai debutnya di Timnas Indonesia senior pada 25 Mei 2021 lalu dalam laga uji coba melawan Afghanistan di Dubai.

Ia merupakan salah satu pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong. Ia menggantikan posisi yang sebelumnya diisi Kushedya Hari Yudo pada gelaran Piala AFF 2020.

Baca JugaLarissa Chou Dikabarkan akan Dinikahi Rio HaryantoHah..Reza Rahadian ‘Berselingkuh’ dengan Luna Maya

Menanggapi opini publik yang meragukannya, Muhammad Rafli sebelum tanding mengatakan bahwa ajang uji coba melawan Curacao akan menjadi pembuktian jika dirinya layak untuk bergabung dengan Timnas.

Terbukti, tim nasional Indonesia berhasil menekuk Curacao pada ajang FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dengan skor 3-2.

Berkat kemenangan atas Curacao posisi Indonesia di ranking FIFA naik dua tingkat yakni, di peringkat 153 dunia. Adapun poin yang diperoleh sebesar 7,41 dan saat ini Indonesia mengoleksi 1026,60 poin.

Baca JugaHasil Liga 1: PSM Bantai Persib 5-15 Obat Mengandung Etilen Glikol Melebihi Ambang Batas

Shin Tae-yong pun mengungkapkan alasannya memanggil Muhammad Rafli. Menurutnya, striker Arema FC ini memiliki potensi.

“Rafli saya percaya karena selama ini sudah beberapa kali TC dengan dia dan juga ada turnamen yang diikuti. Saya melihat dia ada potensi,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers dilansir dari kanal YouTube PSSI, Jumat (23/9/2022).

Kirim Komentar