SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Momen Mendikbud Nadiem Makarim Salah Jawab Soal Matematika 1+1×0

202103302029 main.cropped 1617111015
Tangkapan layar Instagram Jerome Polin (Instagram @Jeromepolin)

BERITA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan Instagram Live bersama YouTuber Jerome Polin. Dalam sesi tanya jawab itu, ada soal matematika menarik yang membuat Mendikbud Nadiem salah menjawab.

Pertanyaannya cukup sederhana yaitu soal matematika 1 + 1 x 0, namun, karena dilemparkan dengan ketentuan harus dijawab cepat, Mas Menteri Nadiem dibuat terkecoh sehingga salah memberikan jawaban.

Baca: Nadiem Makarim Akui Kuota Internet Jadi Masalah Utama PJJ

“Mas Menteri tolong jawab dengan cepat ya. Satu ditambah Satu Kali Nol (1+1×0),” tanya Jerome dalam Live Instagramnya ke Nadiem, Selasa, 30 Maret.

Nadiem pun menjawab. “Nol (0).”

Baca JugaBom Bunuh Diri Makassar Insiden Ledakan Kilang Minyak Balongan, Ramalan Roy Kiyoshi Unggah 2 Video LawasSoal Atribut FPI di Rumah Terduga Teroris, Kuasa Hukum Habib Rizieq: Sudah Bubar Masih Saja Dicari Kesalahannya

https://www.instagram.com/tv/CM_z8aTJ27_/?utm_source=ig_web_copy_link

YouTuber yang bercita-cita jadi Menteri Pendidikan itu kembali mengulang pertanyaan tersebut, sembari tersipu malu. Akhirnya, Nadiem menyadari jawabannya salah. 

“Eh harusnya satu ya, aduh. Jadi satu sama nol nya duluan, baru nol ditambah satu jadi satu.¬†Tricky¬†banget sih,” ungkap mantan CEO Gojek ini sambil tertawa.

Baca: KAM: Nadiem Kelola Pendidikan seperti Perusahaan Online

Untuk kalian yang masih bingung dengan soal matematika 1+1×0, begini penyelesaiannya. Dalam kasus tersebut, soal perkalian (x) harus diprioritaskan lebih dahulu sebelum penjumlahan (+) atau pengurangan (-)

Jadi rumus yang digunakan adalah 1+(1×0) dengan jawaban yang benar adalah 1. Lain ceritanya jika kalian mengerjakan bagian penjumlahan terlebih dulu, maka jawaban yang didapat adalah 0. 

Meski terlihat membingungkan, namun para ahli matematika sepakat teknik operasi dasar perhitungan dilakukan dengan urutan yang dikerjakan terlebih dahulu adalah perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan. Berikut aturan dasar kalkulasi yang melibatkan lebih dari satu operasi aritmatika.

Aturan 1: Pertama-tama, lakukan penghitungan apa pun di dalam tanda kurung.

Aturan 2: Selanjutnya lakukan semua perkalian dan pembagian, kerjakan dari kiri ke kanan.

Aturan 3: Terakhir, lakukan semua penambahan dan pengurangan, lakukan dari kiri ke kanan. (*)

Kirim Komentar