Monster Bawah Laut AL Rusia: Kapal Selam Borei Class, Hitungan Menit Hancurkan Seluruh Negara

Monster Bawah Laut AL Rusia: Kapal Selam Borei Class, Hitungan Menit Hancurkan Seluruh Negara
Ilustrasi kapal selam canggih miliki Rusia bernama Borei-Class. (Foto: The Sun)
0 Komentar

INILAH kapal selam nuklir rudal balistik terbaru punya Rusia yang dibuat setelah Uni Soviet bubar. Borei-class akan dibuat sebanyak delapan unit untuk AL Rusia hingga tahun 2020. Unit pertama, Yury Dolgorukiy, secara resmi telah dioperasikan sejak 10 Januari 2013.

Borei (Borey)-class SSBN (Ship Submersible Ballistic Nuclear), generasi keempat kapal selam nuklir rudal balistik Rusia (setelah Hotel-classYankee-class, dan Typhoon-class) diserahkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia kepada Angkatan Laut Negeri Beruang pada 30 Desember 2012. Upacara itu sekaligus menandai pergantian tahun dan kado menuju kekuatan baru AL Rusia.

Melalui perjalanan cukup panjang, Borey-class yang menjadi salah satu mahakarya Rusia pascabubarnya Uni Soviet, menggantikan peran kapal selam Delta III dan Delta IV (Projet 667-class), serta Project 941-class (Typhoon-class). Setelah diterima oleh AL RusiaYury Dolgorukiy mulai melaksanakan dinas militernya pada 10 Januari 2013.

Baca Juga:Yuni Shara Cemas Bisnisnya Merugi di Tengah Pandemi CoronaHan So Hee Dihujat Warganet+62 Hanya Karena Mainkan Peran Pelakor di The World of the Married

Monster bawah laut terbaru dengan panjang 170 meter dan lebar 13,5 meter serta mampu menampung 107 orang (55 awak utama) ini kemudian ditempatkan di Dermaga AL Vilunchnisk, Semenanjung Kamchatka, wilayah timur jauh Rusia.

Penempatan kekuatan utama armada kapal selam nuklir di wilayah tersebut tidak lain guna menyokong kemampuan Armada Pasifik Rusia sekaligus untuk menangkal kekuatan negara-negara lain dalam percaturan Naval Power dunia.

“Rusia harus memiliki dua basis kekuatan armada kapal selam. Satu di Eropa dan satu lagi di Timur Jauh. Hal ini penting untuk menjaga esensi kesetimbangan dan keamanan nasional,” ujar Presiden Validmir Putin. Orang nomor satu di Rusia itu pun menyatakan bahwa dua tempat yang dijadikan markas kapal tersebut sangat signifikan dan strategis.

Delapan unit kapal selam kelas Borei, kata Putin, telah ditandatangani pengadaannya oleh Kementerian Pertahanan Rusia dan dijadwalkan seluruhnya masuk jajaran dinas AL Rusia paling cepat tahun 2020.

Project 955 TASS

Proyek Borei-class diumumkan pertama kali pada 16 Oktober 1996. Saat itu Panglima AL Rusia Admiral Feliks Gromov menyatakan bahwa Rusia akan membuat generasi terbaru kapal selam nuklir. Kapal tersebut bertenaga dua hingga tiga kali lebih kuat dibandingkan kapal selam yang ada.

0 Komentar