SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
BerandaBeritaWHO Khawatir Wabah Covid-19 di Korea Utara Bisa Munculkan Varian Baru

WHO Khawatir Wabah Covid-19 di Korea Utara Bisa Munculkan Varian Baru

penampakan virus corona yang asli 169
Kasus Covid-19 di Korea Utara dikhawatirkan bisa menimbulkan varian baru virus

Seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Selasa (17/5/2022) bahwa tingkat penyebaran virus corona yang tinggi di antara orang-orang yang tidak divaksinasi, seperti di Korea Utara, akan berisiko menciptakan varian baru yang lebih tinggi.

Negara yang terisolasi, anggota WHO, sedang bergulat dengan wabah Covid-19 pertama yang diakui, memicu kekhawatiran atas krisis besar karena kurangnya vaksin dan infrastruktur medis di Korea Utara.

“Tentu saja mengkhawatirkan jika negara-negara‚Ķ tidak menggunakan alat yang sekarang tersedia,” kata Direktur Kedaruratan WHO Mike Ryan dalam menanggapi pertanyaan tentang wabah di Korea Utara.

Baca JugaSukses Bawa Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Ajukan Permohonan ke PSSIAda Agnez Mo sampai Jhonny Iskandar di Synchronize Fest 2022

“WHO telah berulang kali mengatakan bahwa di mana Anda memiliki penularan yang tidak terkendali, selalu ada risiko varian baru yang lebih tinggi muncul,” katanya dikutip dari Reuters.

Pada konferensi pers yang sama, kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mengatakan dia “sangat prihatin” tentang penyebaran virus di antara populasi yang tidak divaksinasi dengan banyak kondisi mendasar.

Baca JugaSiapapun Lawan di Semifinal AFF, Timnas U-16 SiapRiesca Rose Dituding Jadi Selingkuhan Sule

Badan kesehatan PBB sebelumnya mengatakan Pyongyang belum memberi tahu secara resmi tentang wabah yang jelas-jelas melanggar kewajiban hukum negara itu di bawah Peraturan Kesehatan Internasional WHO.

Ditanya tentang bagaimana tanggapan WHO, Ryan mengatakan bahwa badan tersebut siap membantu tetapi tidak memiliki kekuatan untuk campur tangan di negara yang berdaulat.

ADVERTISING
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi untuk Anda

Berita Lainnya