Masyarakat Leuhob laksanakan Khanduri Blang jelang turun sawah

Masyarakat Gampong Leuhob Melaksanakan Khanduri Blang jelang turun sawah, Minggu, (24/9/2017)

KLIKSATU.COM | PIDIE – Khanduri blang disebut jugga dengan khanduri ‘troen u blang’ atau ‘jak u blang’. “Blang dalam bahasa Indonesia adalah Sawah”.

Khanduri blang merupakan sebuah tradisi masyarakat Aceh yang akan memulai menanam padi. Dalam sebuah kitab yang mengupas tentang “Adat dan Tradisi Aceh” disebutkan, bahwa asal usul kenduri blang atau khanduri blang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Lazimnya, sebelum khanduri blang dilaksanakan, masyarakat desa terlebih dahulu menggelar musyawarah di Meunasah untuk menyusun dan menyepakati tatacara turun ke sawah.

Musyawarah dipimpin oleh Keuchik (Kepala Desa) bersama keujruen  blang (orang yang dipertuakan atau diberi jabatan oleh warga untuk mengurus sektor pertanian).

Sebelum khanduri blang di laksanakan biasanya Tgk. Imum meunasah (Imam) bersama keujrueng blang mendata warga yang ingin melaksanakan kenduri blang tersebut, setelah data sudah ada baru di adakan kenduri blang dan di undang seluruh masyarakat gampong, muda dan aneuk miet .

Imum Meunasah, Tgk. Ramli menunuturkan Alhamdulillah hari ini acara kenduri blang ada 10 hidangan dan rantangan, puluhan warga hadir menikmati kenduri yang di mulai bakda ashar sekitar pukul 16.30 WIB, Minggu , (24/9/2017)

Keujruen Blang Gampong Leuhob, Anwar Johan kepada kliksatu.com mengatakan  setiap tahun menjelang dua minggu sebelum turun ke sawah  masyarakat gampong Leuhob Kecamatan Peukan Baro Kab. Pidie mengadakan kenduri blang yang  disertai dengan doa bersama yang  dipimpin oleh Tgk. Ramli Imum Meunasah gampong tersebut.

Do’a bersama tersebut, bertujuan supaya padi petani bebas dari penyakit dan hama yang membahayakan tanaman. Seluruh masyarakat gampong dan petani serta warga gampong diundang melalui pengeras suara di desa untuk menikmati keunduri secara bersama-sama. [*]


Penulis: Iskandar

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz