Cuaca 50 Derajat Celcius, WNI di Qatar Upacara HUT RI Sore Hari

Suasana upacara peringatan HUT ke-71 RI di KBRI Doha, Qatar

Kliksatu.com, Qatar – Komunitas Indonesia beserta wakil dari 51 organisasi masyarakat (ormas) di Qatar berpartisipasi pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia di KBRI Doha, pada Kamis 17 Agustus 2017 pukul 17.00 waktu setempat.

Upacara yang bekerja sama dengan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) menjadi wadah bagi WNI yang tersebar di berbagai kota, seperti Dukhan, Messaid, Wakrah, Alkhor dan Doha. Namun tidak seperti di negara lain, pelaksanaan upacara dilakukan sore hari mengingat Qatar sedang dilanda cuaca ektrem.

Upacara sore hari dimaksudkan guna menghindari suhu panas yang kerap mencapai 50 derajat celcius. Hal ini sesuai ketentuan Pemerintah Qatar yang melarang warga bekerja di bawah terik matahari pada siang hari. Masyarakat juga diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah sekiranya tidak mendesak karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi, bertindak pembina upacara dengan komandan upacara, Yusup Ramlan. Dalam sambutannya, Dubes menyampaikan apresiasi kepada peserta dan panitia pelaksana upacara.

“Mari kita semua lebih meningkatkan rasa cinta pada Tanah Air dan bangsa, serta lebih meningkatkan daya juang bagi bangsa dan negara,” ujar mantan anggota DPR ini dalam siaram pers yang diterima SINDOnews.

Mantan Irjen TNI ini juga mengimbau perlunya menjaga citra bangsa di luar negeri serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dubes juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan warga Qatar yang telah memberikan kenyamanan bagi WNI untuk bekerja dan bermukim di negara kaya itu.

Untuk memeriahkan acara, panitia memasang berbagai dekorasi yang bercorak merah putih guna membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme. Upacara ditutup dengan pemberian penghargaan 30 tahun dan 10 tahun pengabdian bagi Pelaksana Fungsi ekonomi KBRI Doha, Endang Kuswaya dan Pelaksana Fungsi Pensosbud Anwar Lukman Hakim.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang kemudian dibagikan kepada Ketua Permiqa yang diwakili Handoko. Setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan Bazar Kemerdekaan yang dikoordinir Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Doha pimpinan Andi Una Sidehabi. Bazar melibatkan WNI yang merupakan pelaku usaha dan ibu ibu DWP KBRI Doha. Bazar menjual beragam kuliner tradisional Indonesia, mulai dari siomai hingga cilok.

Syaiful Bhe, salah satu pelaku usaha di Doha mengatakan, upacara peringatan HUT RI menambah rasa cinta kepada tanah air. Sementara Soraya Alyahya, seorang dokter gigi yang pernah bermukim di berbagai negara menyatakan perayaan HUT RI adalah momentum yang ditunggu-tunggu karena membangkitkan rasa nasionalisme. [*]


| Sumber: Sindonews.com

Tinggalkan Kami Pesan

Jadilah yang Pertama untuk Komentar!

Notify of
avatar
wpDiscuz